ANALISIS
KEBUTUHAN DAN SUMBER BELAJAR
Secara yuritis ilmu PLS dapat terarah kemana-mana dan dapat bekerja
dimana mana.
Analisis
(identifikasi) secara etimologis :
· Penyelidikan terhadap suatu perstiwa unitk mengetahui persoalan
yang didasarkan atas fakta dan opini yang ada.
· Menetukan atau menetapkan suatu prose psikologis untuk mencari
suatu informasi tentang suatu peristiwa.
Konsep dari PLS :
·
Terdapat
pada UU 20 th 2003 Bab 1 ayat 2 (UU SISDIKNAS)
·
Pasal
26 tentang PNF terdiri dari 7 ayat
·
Pasal
27 tentang PNFI
·
Pasal
28 tentang PAUD
PLS adalah jalur
pendidikan nonformal yang dilaksanakan secara strultural dan berjenjang.
Devinisi
menurut “combs” PLS adalah strap
yang diorganisasikan di luar sekolah dalam melayani peserta didik.
UU 26 ayat 1 : Pendidikan non formal diselenggarakan kepada masyarakat, sebagai
pengganti,
penambah, dalam rangka mewujudkan
pendidikan sampai akhir hayat.
Mengembangkan
sikap dan kepribadian secara professional dalam pendidikan non formal.
Sikap
Pendidikan non formal :
·
Pendidikan
kecakapan hidup : untuk mencari kebutuhan hidup dan mendapatkan keterampilan
sehingga mereka mendapat pekerjaan.
PROGRAM
PENDIDIKAN NON FORMAL :
·
PAUD
·
PROGRAM
PENDIDIKAN
·
PENDIDIKAN
KEAKSARAAN
·
PENDIDIKAN
PEMBERDAYAAN PEREMPUAN
·
PENDIDIKAN DAN
PELATIHAN KERJA
·
PENDIDIKAN
KESETARAAN
Satuan pendidikan non formal : kelompok layanan pendidikan yang
menyediakan layanan pendidikan
Ex :
§ Lembaga
kursus
§
Lembaga pelatihan
§
Kelompok belajar
§
PKBM ( Pusat Kegiatan Belajar
Masyarakat)
§ Sasaran
pendidikan sejenis
Materi
1:
Fungsi
PNF (Pendidikan Non Formal)
Ć Pengganti
Ć Penambah
Ć Pelengkap
Ć Mendapatkan
project
Ć Mengembangkan
diri
Buta huruf
diganti => kejar formal => PLS => diklat.
Orang yang tidak memiliki pekerjaan dan tidak memiliki skils, maka
lahan PLS dapat diterpkan.
4 Pilar Pendidikan dari Ilmuan Maxico :
1.
Learning To know : Belajar untuk megetahui instrument
pendidikan / pengetahuna.
2.
Learning To do : Belajar untuk melakukan /
berbuat.
ex
:Bagaimana ia meneraokan ilmunya dalam
kehidupan
sehari-hari.
3.
Learning To Be : Belajar untuk menjadi
ex : Buntuk menjadi diri sendiri, filsafat mengatakan
bahwa
manusia
adalah makhlik sosial / kholifah.
4.
Learning to live to gother : Belajar
untuk hidup bersama
ex
: kehidupan manusia sangat membutuhkan manusia lain
karena
manusia adalah makhluk sosial.
Pendidikan Non
Formal (PNF) :
1.
Multi audience
Ć Karakteristik Segmentasi
susunan PLS.
Ć Latar
belakang pendidikan Mengembangkan
sedikit mungkin potensi peserta
Ć Sosial didik
agar dapat optimal.
Ć Ekonomi Memiliki
keterampilan utuh menjadi bekal mendapat
Ć Status
kan
kerja.
Ć Budaya
Ć Dll.
5.
Multi agen
0 komentar:
Post a Comment